HeadlineKajian

Di tengah- tengah situasi bencana yang melanda beberapa wilayah, Hasmi tetap menyelenggarakan kajian umum di beberapa kota

Ahad, 05 Januari 2020 M/Jumadil Awal 1441 H Di tengah- tengah situasi duka dengan banyaknya kabar bencana banjir dan longsor yang melanda beberapa wilayah di negeri ini, Hasmi (Himpunan Ahlussunnah Untuk Masyarakat Islami) tetap menyelenggarakan kajian umum di beberapa kota. Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tasik dan Karang Anyar, Jawa Tengah.
Hal ini sekaligus sebagai upaya memahamkan pada kaum muslimin bahwa selain kita perlu berempati dan peduli terhadap bencana yang sedang menimpa, kita juga tetap harus memenuhi kebutuhan ruhani dan ini bagian upaya sebenarnya kita untuk menguatkan nilai-nilai iman agar terjaga cara pandang kaum muslimin dengan cara pandang imani, bahwa sejatinya
musibah/bala/bencana yang sedang menimpa, semua itu disebabkan oleh bnyaknya kemungkaran/ kemaksiatan kita sebagai hamba-hamba-Nya.
Alloh subhnahu wata’ala berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30)

Disisi lain ini juga bagian upaya menanamkan serta mengajarkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, ini semua demi mengharapkan terwujudnya kebaikan dan keberkahan yang dijanjikan, sebagaimana firman Alloh ta’ala :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS: Al-A’raf [7]: 96).

Semoga Alloh subhanahu wata’ala segera angkat musibah dan bencana yang melanda, dan segera gantikan dengan keberkahan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker