HeadlineNewsSantunan & Sosial

Musibah Melanda – Masyarakat Butuh Terhadap Ormas Islam

Musibah Melanda, Masyarakat Butuh Terhadap Ormas Islam

BOGOR – Musibah yang terjadi di berbagai wilayah akhir-akhir ini telah mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang menjadi korban.

Sebut saja banjir yang melanda Jabodetabek dan Lebak Banten pada 01 Januari 2020 lalu hingga ke-11, Sabtu (11/1), sebanyak 21.722 orang masih mengungsi. Hal ini sebagaimana keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo. “Jumlah pengungsian tertinggi berada di Kabupaten Bogor sejumlah 15.003 jiwa dan yang terendah di Jakarta Timur sejumlah 29 jiwa,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya.

Rinciannya adalah Kota Bekasi sebanyak 65 orang pengungsi; Kabupaten Bogor 15.003 pengungsi; Jakarta Timur 29 pengungsi; Jakarta Selatan 950 pengungsi; Lebak 5.627 pengungsi; dan Kota Depok 48 pengungsi.

Peran Ormas Islam Bagi Korban Bencana
Dari kondisi yang terjadi, terutama ketika musibah melanda tentu dapat kita lihat peran dari ormas-ormas Islam bersama laskar maupun gardhanya berjibaku siang malam, dari pendanaan, pemenuhan kebutuhan pangan, hingga bantuan tenaga dan sebagainya. Mereka banyak membantu korban bencana, membantu aparat dan pemerintah dalam menangani dan memulihkan kondisi pasca bencana dalam berbagai bencana di berbagai wilayah.

Salah satunya adalah ormas HASMI yang sejak hari pertama hingga hari ke 11 ini masih berada di lokasi musibah untuk memberikan bantuan dan pemulihan pasca bencana. Total dana yang telah dihabiskan oleh HASMI sekitar 80 juta rupiah yang disalurkan dalam bentuk pangan, tenda, pakaian dan obat-obatan. Hal tersebut diterangkan oleh koordinator lapangan HASMI ustadz Jami’ Furqon, “Alhamdulillah Sampai hari jum’at 10 Januari tercatat lebih dari Rp. 80 juta total bantuan yang sudah kami salurkan, tentu ini kemungkinan besar masih akan terus bertambah.” Demikian keterangan yang ia berikan saat ditemui di Masjid Raya HASMI Bogor.

Mengenai peran besar dari ormas Islam, ustadz Fatih selaku ketua Dewan Harian HASMI saat ditemui di kantornya Sabtu 11 Jan 2020, menghimbau agar masyarakat pun turut serta membantu perkembangan ormas-ormas Islam di berbagai wilayah.

“Saya menghimbau dan berharap kepada masyarakat di mana saja berada agar dengan sukarela menerima bahkan memfasilitasi ormas-ormas Islam yang berniat mengebangkan diri di wilayahnya. Semoga dengan hal tersebut bisa melahirkan sinergi yang baik dalam ta’awun allah birri wat taqwa (dalam segala kebaikan dan ketaqwaan). Baik yang bersifat keagamaan maupun Sosial kemasyarakatan.” Demikian himbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker